RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS 4 SD
KELAS 4 SD
Nama Sekolah : SDN
10 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester :
IV/1
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema : 2. Kebersamaan Dalam Keberagan
Pembelajaran ke : 3
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu : 4 x 30 menit (4 JP)
A.
Kompetensi
Inti
Kl 1 : Menerima, menjalankan
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Kl 2 : Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
Kl 3 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
Kl 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar
3.1 Menunjukan gagasan pokok
dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulus, atau visual.
4.1 Menata informasi yang
didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka
tulis.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi
gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan
utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta
pikiran.
4.1.2 Menyusun ringkasan
berdasarkan peta pikiran.
IPA
Kompetensi
Dasar
3.6 Memahami sifat-sifat
bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.1 Menjelaskan sifat
bunyi.
4.6.1 Membuat laporan
tertulis hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
C.
Materi
Pembelajaran
1. Teks
bacaan permainan tradisional, “Congklak”
2. Sifat-sifat
bunyi
D. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran:
Pedekatan Saintifik.
2. Metode Pembelajaran:
Tanya jawab, diskusi, percobaan.
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1. Siswa
menjawab salam dari guru.
2. Siswa
berdoa dipimpin oleh ketua kelas.
3. Guru
mengecek kehadiran siswa.
4. Siwa
melakukan “Tepuk Semangat”
5. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang tema, tujuan, dan kegiatan yang akan
dilakukan.
6. Sambil
bertepuk tangan siswa menyanyikan lagu “Cublek Cublek Suweng” dilanjutkan
dengan tanya jawab isi lagu dengan jenis permainan tradisional lainnya.
Kegiatan Inti
1. Siswa
membaca teks tentang permainan tradisional.
2. Siswa
mencari atau menemukan kata yang sulit/belum diketahui artinya dalam teks.
3. Siswa
mencari aryi dari kata-kata sulit yang ditemukan dalam kamus Bahasa Indonesia
atau sumber lain.
4. Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks.
5. Siswa
secara berkelompok berlatih menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada
paragraf dari teks.
6. Siswa
membuat peta pikiran berdasarkan gagsan pokok dan gagasan pendukung dari teks.
7. Siswa
membuat kesimpulan/ringkasan berdasarkan gagasan pokok yang telah ditemukan.
8. Perwakilan
kelompok membacakan kesimpulan yang telah dibuat dan ditanggapi oleh kelompok
lain.
9. Guru
memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok.
10. Sebagai
penghargaan, guru mengajak siswa untuk memberikan tepuk tangan kepada setiap
kelompok.
11. Sambil
tetap bertepuk tangan siswa dan guru menyanyikan lagu, “Cobek Cublek Suweng”
(lagu disesuaikan dengan daerah masing-masing) dan permainan tepuk tangan yang
lainnya.
12. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang bunyi tepukan, misalnya, “Mengapa pada saat
kita bertepuk tangan mengeluatkan bunyi?”
13. Siswa
membaca informasi tentang bunyi memantul dan merambat.
14. Siswa
kemudian membaca senyap informasi yang terdapat pada buku tentang sifat bunyi.
15. Siswa
secara berkelompok melakukan percobaan sederhana tentang membunyikan beragam
benda yang dapat menghasilkan.
16. Siswa
membunyikan beragam benda tersebut di dalam dan di luar ruang kelas.
17. Siswa
mencatat dan mendiskusikan hasil percobaan.
18. Perwakilan
kelompok menyajikan hasil percobaan untuk mendapat tanggapan dari kelompok
lain.
19. Guru
memberikan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.
Penutup
1. Siwa
dan guru merangkum materi pembelajaran.
2. Siswa
dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran.
3. Guru
memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
4. Ketua
kelas memimpin doa akhir pembelajaran.
F.
Penilaian
1. Jenis
Penilaian
o
Penialaian pengetahuan : Tes Tertulis
o
Penilaian keterampilan : Perbuatan
a. Penilaian
Pengetahuan (Kl 3)
1) IPA
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan
pemberian soal uraian singkat.
Soal:
1. Sebutkan
sifat-sifat bunyi yang merambat dan dipantulkan!
2. Mengapa
kita dapat mendengar suara dari sumber bunyi yang cukup jauh?
3. Mengapa
ketika di ruangan bunyi bergema?
2) Bahasa
Indonesia
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan
pemberian teks.
Soal:
Congklak
Indonesia memiliki banyak
permainan tradisional. Salah satu permainan tradisional adalah congklak. Sampai
saat ini permainan congklak belum diketahui asal usulnya. Permainan congklak
sudah menjadi milik masyarakat Indonesia.
Alat permainan congklah sangat
sederhana. Peralatannya adalah kayu, batu dan biji-bijian. Kayu yang digunakan
memiliki lubang berjumlah 16. Tujuh lubang kecil yang berhadapan dan dua lubang
besar diantara kedua ujung papan kayu. Biji atau batu yang digunakan berjumlah
98 (14x7). Biji yang digunakan dapat berupa biji buah sawo, biji bunga tanjung,
batu-batu kecil. Dan benda lain dengan ukuran yang sama.
Cara memainkan congklak sangat mudah.
Congklak dimainkan 2 orang. Pada awal permainan setiap lubang kecil diisi
dengan tujuh biji atau benda lainnya. Dua orang pemain berhadapan. Salah
seorang pemain memulai dengan memilih lubang yang akan diambil dan meletakkan
satu biji ke lubang sebelah kanan lawan mainnya, dan seterusnya. Permainan
dianggap selesai bila tidak ada lagi biji yang dapat diambil. Pemenangnya
adalah yang mendapatkan biji atau benda terbanyak.
Soal:
1. Tuliskan
gagasan pokok pada setiap paragraf!
A.
Paragraf 1:
.........................................................................................................
B.
Paragraf 2: .........................................................................................................
C.
Paragraf 3:
.........................................................................................................
2. Tuliskan
gagasan pendukung pada setiap paragraf!
A. Paragraf
1:
........................................................................................................
B. Paragraf
2:
........................................................................................................
C. Paragraf
3:
........................................................................................................
b. Penilain
Keterampilan (KI 4)
Penilaian keterampilan dilakukan dengan
membuat peta pikiran dan ringkasan teks.
1. Buatlah
peta pikiran berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung!
...........................................................................................................................
2. Buatlah
ringkasan bacaan tersebut!
...........................................................................................................................
·
Rubik Penilaian Bahasa Indonesia untuk Peta
Pikiran dan Ringkasan
Kriteria
1. Penyajian
gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.
2. Penyajian
gagasan pokok menjadi ringkasan.
Sangat Baik (4)
§ Menyajikan
gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar.
§ Menyajikan
gagasan pokok menjadi sebuah ringkasan yang benar.
Baik (3)
§ Menyajikan
sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan
benar.
§ Menyajikan
sebagian besar gagasan pokok menjadi ringkasan dengan benar.
Cukup (2)
§ Menyajikan
sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan
benar
§ Menyajikan
sebagian kecil gagasan pokok menjadi ringkasan dengan benar.
Perlu
Pendampingan (1)
§ Menyajikan
gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran
§ Belum
dapat menyajikan gagasan pokok menjadi ringkasan.
·
Rubiik Penilaian IPA tentang Laporang Hasil
Percobaan Sifat Bunyi
Kriteria
1. Sifat
bunyi memantul dan merambat.
2. Laporan
percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat.
Sangat
Baik (4)
§ Menjelaskan
sifat bunyi memantul dan merambat berdasarkan hasil percobaan dengan lengkap.
§ Menyajikan
laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat dengan sistematis.
Baik
(3)
§ Menjelaskan
sifat bunyi memantul dan merambat berdasarkan hasil percobaan dengan cukup
lengkap.
§ Menyajikan
laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat dengan cukup
sistematik.
Cukup
(2)
§ Menjelaskan
sifat bunyi memantul dan merambat berdasarkan hasil percobaan kurang lengkap.
§ Menyajikan
laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat kurang sistematis.
Perlu Pendampingan (1)
§ Belum
mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan merambat berdasarkan hasil
percobaan.
§ Belum
mampu menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat
dengan sistematis.
G.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
: Teks bacaan, meja, botol, alat musik (sesuaikan dengan media yang tersedia
disekolah)
2. Sumber
Belajar,
a. Lingkungan
Sekolah
b. Buku Guru Kelas IV Tema 1 Indahnya
Kebersamaan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2015). Jakarta :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 104-113.
c. Buku Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya
Kebersamaan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2015) Jakarta :
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Halaman 99-108.
Palembang,
16 November 2016
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DAMIRI, S.Pd,M.Si
NURYANI NIP:196807281993061001 NIP:
196806272008012002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar