Rabu, 16 November 2016

RPP KELAS 4 NURYANI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS 4 SD

Nama Sekolah                          : SDN 10 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester                        : IV/1
Tema                                        : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema                                   : 2. Kebersamaan Dalam Keberagan
Pembelajaran ke                      : 3
Fokus Pembelajaran                : Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu                          : 4 x 30 menit (4 JP)
A.   Kompetensi Inti
Kl 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Kl 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
Kl 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
Kl 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menunjukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulus, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulis.


Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
4.1.2 Menyusun ringkasan berdasarkan peta pikiran.
IPA
Kompetensi Dasar
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.1 Menjelaskan sifat bunyi.
4.6.1 Membuat laporan tertulis hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
C.   Materi Pembelajaran
1.    Teks bacaan permainan tradisional, “Congklak”
2.    Sifat-sifat bunyi

D.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran: Pedekatan Saintifik.
2.    Metode Pembelajaran: Tanya jawab, diskusi, percobaan.

E.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1.    Siswa menjawab salam dari guru.
2.    Siswa berdoa dipimpin oleh ketua kelas.
3.    Guru mengecek kehadiran siswa.
4.    Siwa melakukan “Tepuk Semangat”
5.    Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tema, tujuan, dan kegiatan yang akan dilakukan.
6.    Sambil bertepuk tangan siswa menyanyikan lagu “Cublek Cublek Suweng” dilanjutkan dengan tanya jawab isi lagu dengan jenis permainan tradisional lainnya.
Kegiatan Inti
1.    Siswa membaca teks tentang permainan tradisional.
2.    Siswa mencari atau menemukan kata yang sulit/belum diketahui artinya dalam teks.
3.    Siswa mencari aryi dari kata-kata sulit yang ditemukan dalam kamus Bahasa Indonesia atau sumber lain.
4.    Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks.
5.    Siswa secara berkelompok berlatih menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf dari teks.
6.    Siswa membuat peta pikiran berdasarkan gagsan pokok dan gagasan pendukung dari teks.
7.    Siswa membuat kesimpulan/ringkasan berdasarkan gagasan pokok yang telah ditemukan.
8.    Perwakilan kelompok membacakan kesimpulan yang telah dibuat dan ditanggapi oleh kelompok lain.
9.    Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi kelompok.
10. Sebagai penghargaan, guru mengajak siswa untuk memberikan tepuk tangan kepada setiap kelompok.
11. Sambil tetap bertepuk tangan siswa dan guru menyanyikan lagu, “Cobek Cublek Suweng” (lagu disesuaikan dengan daerah masing-masing) dan permainan tepuk tangan yang lainnya.
12. Siswa dan guru bertanya jawab tentang bunyi tepukan, misalnya, “Mengapa pada saat kita bertepuk tangan mengeluatkan bunyi?”
13. Siswa membaca informasi tentang bunyi memantul dan merambat.
14. Siswa kemudian membaca senyap informasi yang terdapat pada buku tentang sifat bunyi.
15. Siswa secara berkelompok melakukan percobaan sederhana tentang membunyikan beragam benda yang dapat menghasilkan.
16. Siswa membunyikan beragam benda tersebut di dalam dan di luar ruang kelas.
17. Siswa mencatat dan mendiskusikan hasil percobaan.
18. Perwakilan kelompok menyajikan hasil percobaan untuk mendapat tanggapan dari kelompok lain.
19. Guru memberikan penguatan terhadap hasil kerja kelompok.

Penutup
1.    Siwa dan guru merangkum materi pembelajaran.
2.    Siswa dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran.
3.    Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
4.    Ketua kelas memimpin doa akhir pembelajaran.

F.    Penilaian
1.    Jenis Penilaian
o   Penialaian pengetahuan : Tes Tertulis
o   Penilaian keterampilan : Perbuatan
a.    Penilaian Pengetahuan (Kl 3)
1)    IPA
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan pemberian soal uraian singkat.


Soal:
1.    Sebutkan sifat-sifat bunyi yang merambat dan dipantulkan!
2.    Mengapa kita dapat mendengar suara dari sumber bunyi yang cukup jauh?
3.    Mengapa ketika di ruangan bunyi bergema?

2)    Bahasa Indonesia
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan pemberian teks.
Soal:

Congklak
       Indonesia memiliki banyak permainan tradisional. Salah satu permainan tradisional adalah congklak. Sampai saat ini permainan congklak belum diketahui asal usulnya. Permainan congklak sudah menjadi milik masyarakat Indonesia.
         Alat permainan congklah sangat sederhana. Peralatannya adalah kayu, batu dan biji-bijian. Kayu yang digunakan memiliki lubang berjumlah 16. Tujuh lubang kecil yang berhadapan dan dua lubang besar diantara kedua ujung papan kayu. Biji atau batu yang digunakan berjumlah 98 (14x7). Biji yang digunakan dapat berupa biji buah sawo, biji bunga tanjung, batu-batu kecil. Dan benda lain dengan ukuran yang sama.
         Cara memainkan congklak sangat mudah. Congklak dimainkan 2 orang. Pada awal permainan setiap lubang kecil diisi dengan tujuh biji atau benda lainnya. Dua orang pemain berhadapan. Salah seorang pemain memulai dengan memilih lubang yang akan diambil dan meletakkan satu biji ke lubang sebelah kanan lawan mainnya, dan seterusnya. Permainan dianggap selesai bila tidak ada lagi biji yang dapat diambil. Pemenangnya adalah yang mendapatkan biji atau benda terbanyak.
Soal:
1.    Tuliskan gagasan pokok pada setiap paragraf!
A.   Paragraf 1: .........................................................................................................
B.   Paragraf 2: .........................................................................................................
C.   Paragraf 3: .........................................................................................................
2.    Tuliskan gagasan pendukung pada setiap paragraf!
A.   Paragraf 1: ........................................................................................................
B.   Paragraf 2: ........................................................................................................
C.   Paragraf 3: ........................................................................................................

b.    Penilain Keterampilan (KI 4)
Penilaian keterampilan dilakukan dengan membuat peta pikiran dan ringkasan teks.
1.    Buatlah peta pikiran berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung!
...........................................................................................................................
2.    Buatlah ringkasan bacaan tersebut!
...........................................................................................................................

·         Rubik Penilaian Bahasa Indonesia untuk Peta Pikiran dan Ringkasan

Kriteria
1.    Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.
2.    Penyajian gagasan pokok menjadi ringkasan.
Sangat Baik (4)
§  Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar.
§  Menyajikan gagasan pokok menjadi sebuah ringkasan yang benar.
     Baik (3)
§  Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar.
§  Menyajikan sebagian besar gagasan pokok menjadi ringkasan dengan benar.
     Cukup (2)
§  Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar
§  Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok menjadi ringkasan dengan benar.
    Perlu Pendampingan (1)
§  Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran
§  Belum dapat menyajikan gagasan pokok menjadi ringkasan.

·         Rubiik Penilaian IPA tentang Laporang Hasil Percobaan Sifat Bunyi

Kriteria
1.    Sifat bunyi memantul dan merambat.
2.    Laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat.
     Sangat Baik (4)
§  Menjelaskan sifat bunyi memantul dan merambat berdasarkan hasil percobaan dengan lengkap.
§  Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat dengan sistematis.
     Baik (3)
§  Menjelaskan sifat bunyi memantul dan merambat berdasarkan hasil percobaan dengan cukup lengkap.
§  Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat dengan cukup sistematik.
    Cukup (2)
§  Menjelaskan sifat bunyi memantul dan merambat berdasarkan hasil percobaan kurang lengkap.
§  Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat kurang sistematis.
    Perlu Pendampingan (1)
§  Belum mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan merambat berdasarkan hasil percobaan.
§  Belum mampu menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan merambat dengan sistematis.
G.   Media, Alat dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat : Teks bacaan, meja, botol, alat musik (sesuaikan dengan media yang tersedia disekolah)
2.    Sumber Belajar,
a.    Lingkungan Sekolah
b.    Buku Guru Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2015). Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 104-113.
c.    Buku Siswa Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2015) Jakarta : Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Halaman 99-108.
                                                                                  Palembang, 16 November  2016
Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas IV

DAMIRI, S.Pd,M.Si                                                       NURYANI NIP:196807281993061001                                          NIP: 196806272008012002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar